Wednesday 29 April 2015

Cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media

cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media
Setelah kita mengetahui 10 Kesalahan dalam berbisnis di Social Media, kini kita harus mulai mencari tahu bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media. Memang gampang-gampang susah dalam menjalani bisnis online melalui Media Social, baik di Facebook, Twitter, Instagram dll. Karena pada faktanya setiap media social mempunyai cara masing-masing untuk bersosial dan pastinya harus banyak ilmu yang sobat serap dari semua media social. Pada kesempatan Kali ini saya akan kembali berbagi artikel seputar bisnis, yaitu Cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media.
Apakah sampai saat ini anda masih gunakan social media sekedar untuk update status galau? Jika anda mengangguk pada pertanyaan ini, maka hentikan sekarang juga. Sebab ini artinya anda punya banyak waktu luang untuk lebih memanfaatkan social media sesuai tujuannya. Yakni meningkatkan trafik yang berujung pada peningkatan penjualan bisnis online anda secara signifikan. Suka atau tidak, SMO (Social Media Optimization) adalah salah satu sumber trafik yang secara kontroversial mampu menyaingi SEO (Search engine Optimization). Tidak perlu terlalu panjang basa-basi mari kita mulai dari nomor 1.

1. Fans Page Facebook
Daripada membuat akun personal untuk produk anda, lebih baik gunakan Fans Page. Dengan demikian, anda bisa berlomba-lomba untuk mengumpulkan massa sebanyak-banyaknya tanpa limitasi. Membuat akun personal boleh lah, namun alangkah lebih baik jika tujuannya untuk drive friends anda agar Like Fans Page anda. Sebab Fans Page punya keunggulan di banding akun personal. Yakni fitur statistik. Dengan fitur ini, anda tahu demografi likers dan siapa yang sering engage dengan anda. Faktanya, data-data yang dihasilkan oleh sebuah statistik merupakan harta karun yang berharga bagi para tech savvy marketer. Fans Page tidak ada artinya jika anda tidak bisa drive trafik ke website. Maka, undang sebanyak mungkin LIKE. Gunakan iming-iming promo atau kompetisi berhadiah. Jika sudah berhasil mengumpulkan banyak LIKE, sekarang waktunya drive trafik. Triknya, secara berkala suntikkan informasi bermanfaat di status Fans Page, baik itu mengenai berita, artikel terbaru, testimonial, atau pengalaman unik pembeli. Sertakan link yang mengarah pada website Anda. Kemudian nikmati hasilnya.

2. Facebook Share
Sekarang kita akan membahas dari sisi website. Apakah halaman produk di website anda kini sudah dilengkapi tombol untuk share ke Facebook? Jika belum, silahkan tambahkan sekarang juga. Silakan tanyakan pada developer website Anda. Faktanya, pengguna Facebook senang berbagi informasi. Dengan meletakkan tombol ini, anda memberi alasan bagi mereka untuk berbagi seputar produk anda. Mereka jadi duta produk anda secara tidak disengaja.

3. Twitter Share
Sama halnya dengan Facebook, Twitter juga bisa diintegrasikan ke website anda dengan metode Share. Jika pengguna Twitter klik Share di website anda, mereka akan menyebarkan informasi mengenai produk anda pada follower mereka. Satu akun Twitter bahkan kadangkala bisa punya 1 juta follower.

4. Google + Share
Sama halnya dengan Facebook dan Twitter, anda juga harus mulai memasang Google+ Share. Karena Google+ kini cukup berhasil mengumpulkan massa. Terutama bagi mereka yang sudah jenuh dengan Twitter dan Facebook.

5. Facebook Comment
Metode ini adalah pengembangan fitur testimonial website, hanya saja kalau melalui Facebook Comment, jaringan pertemanan mereka yang berkomentar positif tentang produk Anda akan ikut melihat komentar tersebut. Maka secara otomatis produk anda juga akan terlihat. Namun tidak semua orang bersedia meninggalkan jejaknya di website anda. Maka untuk mengawalinya, Anda bisa selenggarakan kuis dengan hadiah atau voucher belanja pada website Anda. Tetapi jika sudah ramai orang yang komentar pada produk Anda, maka nanti akan secara otomatis orang lain juga akan menanggapi komentar-komentar yang sudah ada sehingga visibility produk anda bisa semakin meningkat melalui Facebook. Bukankah ini tujuan SMO?

Yaps, itulah pembahasan singkat bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media. Walaupun ini masih sangat basic, namun, hal ini juga perlu kita ketahui. Sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

By : Sekolan Online Shop

Cara Meningkatkan Penjualan melalui Social Media Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment