Tuesday 24 March 2015

Creative Selling Coach Dewa

Creative selling coach dewa

Ada yang tahu apa itu Creative Selling? Pasti sebagian sobat sudah banyak yang tahu kan? Terutama sobat yang sudah memulai dunia bisnis. 

Lagi-lagi saya share ilmunya kang Dewa. Yang belum kenal kang dewa bisa mapir ke ruang sebelah sob, klik Profil Dewa Eka Prayoga. Ini adalah takdir baik yang saya terima dari Sang Pecinta, Allah SWT. Kenapa saya katakan baik? karena saya bisa Ngobis bareng kang Dewa di Komunitas Pengusaha Kampus.

Ini hasil dari NgobisPK dengan kang Dewa, yang kemudian di rangkum oleh mba Ghita sang moderator handal dan kemudian saya share di blog ini. Sesuai dengan judulnya, kang Dewa berbagi ilmu tentang Creative Selling. Simak dan baca dengan seksama ya sob.

PROLOG
Assalamu'alaikum… Hai kawan-kawan Ngobis yang ganteng dan cantik, udah pada nongol disini semuanya belooon…? hihihi…. ^_^

Malam ini Saya diberikan kesempatan untuk sharing disini. Semoga kedepannya kita bisa semakin LARIS ya itu nya.. aamiin…

Rasanya nggak nyaman kalau cuap-cuap disini tapi nggak kenalan dulu, "Siapa elu?" ^_^ hehe… So, izinkan Saya memperkenalkan diri terlebih dahulu… Boleh?

Saya @DewaEkaPrayoga. Kawan-kawan boleh panggil Saya "kang Dewa". #UdahItuAjah hehe… Cara Cepat Kenalan Tapi Nggak Jelas T_T hiksHiks… 
Okey.. Tema ngobis nya Creative Selling ya... ˆ⌣ˆ

Sebelum masuk ke inti materi, saya mau cerita dulu.. Supaya rada dramatis gituh ˆ⌣ˆ hehe Tahun 2012 Saya bangkrut gila-gilaan. Stress, Pusing, Puyeng, Bingung, dan hampir bunuh diri (lebaynya kaya gitu). "Kok bisa?". Jawab: Bisa! Karena kerugiannya menurut Saya kegedean, 7,7 Milyar… T_T *mewek*

Saat Bangkrut, Saya bertapa dan berpikir keras: "Gimana caranya Saya bisa dapatkan duit ratusan juta (dalam waktu cepat) dengan cara yang Halal untuk bisa nyicil kerugian tersebut?".

*Mikir*
Pilihan ketika itu:
A. Kerja.
B. Investasi.
C. Bisnis.
D. Jualan

#MasihMikir
tik tok…tik tok.. tik tok…
#LemotModeON

Kalau Saya pilih Kerja, rasanya Mustahil. Pertama, Ijazah cuma Lulusan SMA (maklum, kuliah semester 7 Drop Out, tepatnya: Out Dewe). Tolong jangan ditiru T_T. Kedua, Kerja apaan yang Gajinya Ratusan Juta per Bulan padahal cuma lulusan SMA dan usia Saya ketika itu masih 21 tahun? Karena MUSTAHIL, maka pilihan ini: CORET!

Kalau Saya pilih Investasi, rasanya nggak mungkin juga. Wong Saya jatuh bangkrut gara-gara Investasi Bodong. Masih trauma ah, males. Masa harus jatuh ke lubang yang sama bahkan lebih gede (maklum, dulu nggak ngerti ilmunya). So, CORET!

Pilihan terakhir adalah: JUALAN. Mikir deh, "Jualan apa ya?" Kalau Saya pilih Bisnis, ini bisa-bisa saja sebenernya. Cuma ya itu, LAMAAA…. Kan bisnis itu proses, nggak bisa instan. Nunggu bagi hasil juga lama. Haduuuuh…. Galau!

Akhirnya Saya putuskan untuk "menjual diri" Saya. Yes! Saya menjual IDE Saya dengan menjadi Trainer dan Business Coach (masih abal2, karena belum dapat Sertifikasi) dan menjual PENGALAMAN GAGAL Saya dengan menulis buku "7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula" (Alhamdulillah, buku ini sekarang udah terjual lebih dari 10.000 eks kurang dari 1 tahun). Izin Allah…
jual buku 7 kesalahan penguaha pemula
Intinya, Saya fokus JUALAN! No Selling, Dying! Nggak jualan, mati deh gue…. T_T Nggak bisa makan, nggak bisa hidup, dikejar2 debt collector dan investor terussss. Gempoorrr… Lebay ya?

Ilmu-ilmu yang Saya pelajari akhirnya Saya sharingkan ke kawan-kawan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam Seminar dan Buku. Terbitlah 4 Buku Mahal Saya yang berjudul Tembus Omzet 100 Juta Modal BlackBerry (200rb), Dijamin Penghasilan 10 Juta Per Bulan (365), 30 Hari Jago Jualan (259rb), dan Dongkrak Omzet Milyaran dengan Tim Penjualan (210rb). Alhamdulillah… Best Seller semua. Izin Allah..

jual tembus omset 100 juta modal BB     Jual Di jamin penghasilan 10 juta per bulan     jual buku 30 hari jago jualan  jual buku dongkrak omset milyaran dengan tim penjualan

Ada yang bertanya, "kang, kok Buku-buku kang Dewa harganya Mahal-mahal sih?". Jawab: "ya namanya juga wong GENDENG! hehe… Tapi Laris, kan?" hehe… :p *melet*

Baiklah… Lupakan cerita2 Saya sebelumnya, karena itu NGGAK PENTING! Malam ini Saya mau sharing Bagaimana Melipatgandakan Omzet Penjualan dengan Creative Selling. Mau?

*buat kopi dulu*
Zaman sekarang itu udah zaman edan. Bisnis itu udah kaya perang. Kalau nggak dipersiapkan dengan matang, siap-siap ketendang, alias bangkrut.. Salah satu caranya, jadi kreatif di bidang yang kita jalankan. Termasuk cara jualannya...

Lanjut?
So, jelas. Alasan kenapa kita mesti kreatif adalah supaya orang NGELIRIK bisnis kita dan milih produk kita. Cuma sebelum jauh ke teknis, kudu paham dulu, "kreatif itu apaan"?

Apakah ini yang di sebut kreatif ?
Atau yang ini?

Kalau ini mungkin gak?

Bisa jadi yang ini?
APA ITU KREATIF..??

INDIKATOR >> JIKA KEBANYAKAN ORANG MELAKUKAN A, KITA MELAKUKAN B, YG ORANG LAIN TIDAK PERNAH PIKIRKAN.

KREATIF MUNCUL KARENA IMAGINASI YANG TINGGI. 
ALESAN HARUS KRETIF >> AGAR BANYAK ORANG MELIRIK BISNIS DAN MEMILIH PRODUK KITA. 

SEPERTI KATA EINSTEIN
^IMAJINASI LEBIH PENTING DARI PADA PENGETAHUAN^

SELANJUTNYA.........
APA ITU SELLING..??
BANYAK ORANG BERFIKIR (SELLING >> BERUJUNG DI OMSET)

PADAHAL
JIKA, FOCUS >> OMSET (*X)

* : SALAH

RUMUS OMSET
PROSPEK X % CLOSSING = BUYER X AVERAGE SALE X REPEAT ORDER >> OMSET

KETERANGAN WARNA :
.. EFEK
.. SEBAB

OMSET BESAR BERBANDING LURUS DENGAN AKTIFITAS USAHA TUGAS PENGUSAHA FOKUS PADA WARNA JINGGA (SEBAB), BUKAN WARNA TOSKA (EFEK) NOTE :

APA ITU.. ??
PROSPEK                       : YANG TERTARIK SAMA PRODUK KITA
% CLOSSING                 : JUMLAH YANG TANYA SAMPAI JADI PEMBELI

AVERAGE SALE           : RATA-RATA PENJUALAN
REPEAT ORDER            : TINGKAT BALIK LAGI

INTI DARI CREATIVE SELLING ADALAH MEMASUKAN UNSUR-UNSUR KREATIF PADA 4 HAL DALAM WARNA JINGGA DIATAS

McD, cuma bilang "kentangnya kak?", omzetnya nambah 35M Dollar per tahunm. Gara2 kata2 itu..

Dateng ke KFC, pasti pas mau mesen langsung lihat menu di diatas layar. Ada tulisan "Paket Super Besar", atau "Pamer: Paket Meriah". Ujung2nya kita malah mesen yg gitu.

Itu semua contoh-contoh sederhana yg berdampak luar biasa pada omzet perusahaannya

Belanja di Matahari, pasti disuruh buat Member Card. Asemnya, dpt voucher 50rb yang harus dipake hari itu juga.

Kapan-kapan beli J.CO coba yg isi 6 biji, si SPG pasti nawarin, "nggak sekalian yg J.PoPs nya kak nambah 8rb udah dapet semua rasa?". Gara2 gt doang, omzet melesat nggak karuan..

Dan masih banyak lagi contoh pengusaha-pengusaha yang sudah menampakan kreatifitasnya dalan berjualan, bisa search di mbah gugel sob hehe.

Itu sedikit materi yang di berikan kang Dewa saat NgobisPK. Sekarang kita masuk sesi tanya jawab.

TANYA JAWAB
T : BAGAIMANA CARA MENIMBULKAN KREATIFITAS, TERUTAMA YANG BELUM JAGO..?

J : SERING-SERING NONTON FILM, JALAN-JALAN, SILATURAHMI, BACA BUKU 
TIPS:
-BERFIKIR DI LUAR KOTAK, ALIAS OUT OF THE BOX
-BERPIKIR TERBALIK, ORANG NGELAKUIN A, KITA NGELAKUIN B
-UBAH KEBIASAAN
-PAKAI TEKHNIK –KOPASUS ( KOPI PASTE UBAH SEDIKIT)
-SERING-SERING KEPO

T : DALAM HAL YANG KREATIF, APAKAH ADA BATASANNYA..? JIKA ADA, APA SAJA..?!
J : ASALKAN, TIDAK TERKAIT SARA ATAUPUN HAKI KARNA PADA DASARNYA, KREATIF ITU TANPA BATAS.

T : SAYA PERNAH PAKAI DISKON UMUR, ADD VALUE, TAPI KURANG MEMPAN ( CONTOH DALAM FASHION, DAN MAKANAN )

J : ORANG BELI FASHION, HOTT BUTTON, MEMANG BUKAN YANG SEPERTI ITU, WAJAR BLUNDER MARKETING, BUAT VIDIO SEPERTI @UKHTYSALLY, BUAT CERITA MENARIK DIBALIK PROMOSI. PUBLISH FOTO-FOTO YANG BIKIN NGILER, BUAT ORANG LAIN INGIN MEMAKAINYA.

YANG TERPENTING, APAPUN BENTUK PROMO DAN JUALANNYA, TARGET MARKETNYA HARUS BENAR, CONTOH JUAL FASHION HARGA MAHAL KE ORANG MIDDLE DOWN KURANG TEPAT, ATAU JUAL FASHION USIA ORANG TUA DI INSTAGRAM DAN TWITER TIDAK SINGKRON, KEBANYAKAN MEREKA ITU KAN GAPTEK..!!

T : BAGAIMANA MEMILIKI TIM KERJA YANG SOLID, AGAR USAHA TERKONTROL..? 

J  : BACA BUKU INI.

jual dongkrak omset milyaran dengan tim penjualan

DETAILNYA DI BUKU MENDONGKRAK OMZET MILYARAN –TENTANG BANGUN TIM DAN PENJUALAN. INTINYA KITA HANYA AKAN MENDAPATKAN TEAM YANG PANTAS KITA DAPATKAN.

T : MENGAPA KANG DEWA, JARANG MEMBAHAS TENTANG PROFIT..? APAKAH PROFIT DAPAT MENYESUAIKAN DENGAN OMSET ATAU BAGAIMANA..?!

J : ILMU NAIKIN OMSET DAN NAIKIN PROFIT ITU BEDA ( ITU LEVEL KE-3 PENGUSAHA)

TANGGA USAHANYA SEPERTI INI :
LEVEL 1 : PIKIRIN JUMLAH PEMBELI
LEVEL 2 : PIKIRIN OMSET
LEVEL 3 : PIKIRIN LABA
LEVEL 4 : PIKIRIN DUIT CASH

OMSET ITU BISA JADI ILUSI (BAHAYA)
OMSET BESAR, PROFIT BELUM TENTU BESAR
OMSET KECIL, PROFIT BELUM TENTU KECIL
OMSET ITU PENTING, TAPI PROFIT LEBIH PENTING
PROFIT ITU PENTING, TAPI TAPI DUIT CASH LEBIH PENTING

QUOTES DARI KANG DEWA :
KALAU JUALAN, JANGAN HANYA KEJAR UANG, NIATKAN BANTU ORANG, MAKA UANG AKAN DATANG DENGAN SENDIRINYA.

Woow Amazing kan ilmunya hehe, oke sekian tips yang saya share ya. Terima kasih untuk kang Dewa yang sudah berbagi dengan kita di Ngobis PK. Terima kasih juga buat mba Ghita, moderator yang caem yang keren nyonya besar PK Jakarta yang sudah merangkumnya hehe.

Terima kasih yang sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan jejak nya di kolom komentar ya. ^_^

Creative Selling Coach Dewa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment