Friday 3 April 2015

Cara Cepat Menaikan Omset dengan Facebook dan Fanspage


Selamat datang sob di blog saya yang penuh dengan ilmu bisnis. Kali ini saya akan share kisah pengusaha pakaian anak yang memiliki banyak reseller di dunia online maupun offline. Mungkin sobat sudah ada yang tahu pakaian anak Afrakids? jika belum tahu dan ingin tahu silahkan kunjungi web nya saja ya >> www.afrakids.com << 

Sesuai judul yang saya kasih, yaitu Cara Cepat Memiliki Banyak Reseller mungkin sebagian sobat sudah ada yang tahu dan ada juga yang belum tahu, dan pastinya memiliki banyak reseller juga banyak sekali jalannya, sesuai teknik yang sobat kuasai. Berikut ini kisah Kang Taris Suprayitno yang kini memiliki banyak reseller untuk membantu usahanya. Kisah perjalanan ini saya dapatkan dari hasil Ngobis PK di forum Whatsapp yang di notulensikan oleh Mba Gita.

BIODATA :
- Nama Lengkap       : taris suprayitno
- Nama Panggilan     : tariszuper
- TTL                        : Tangerang, 13 feb 1984
- No HP (WA)          : 081807162985
- Asal kampus           : UIN Jakarta
- Email                      : tariszuper@gmail.com
- Aktivitas                 : Makan, tidur, onlen
- Domisili                  : Tangerang
- Prestasi                   : the best Agen Afrakids 2014
- Usaha                      : Agen Afrakids
- Keahlian                 : Makan
- Mimpi                     : Banyak

PROLOG
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kita sama-sama belajar ya.. 
Baik, saya akan kupas Bagaimana saya menjalani bisnis yang sekarang ini. Walaupun umur bisnis saya ini baru setahun berjalan. Mungkin temen-temen sudah pernah dengar atau baca Bagaimana saya menjalani bisnis yg sekarang...#Ge-Er 

Tapi saya akan share kembali. Berharap ada 1 atau 2 orang yang Belum baca. Berharap juga yang sudah baca bisa smangat lagi dan mau menjalani setiap PR yang saya sampaikan nanti. Dalam tulisan yang saya share nanti mungkin spesifik ke bisnis yang saya jalani yaitu bisnis Afrakids kaos anak muslim yang kini Nomor 1 di Indonesia. Namun demikian, walaupun spesifik ke Afrakids, Kisah perjalanan bisnis saya ini bisa digunakan dengan bisnis apapun.

Ok duduk yang manis
Bersabar dalam belajar
Siap-siap...!!

Yang udah pada baca maaf ya kalo bosen :D :D :D

Siap2 ya...duduk yang manis. Kalo ada yang mau ditanyakan, langsung aja angkat tangan. Sebutkan nama, alamat, sama udah nikah apa belom (modus) hehehe...

Sebelum gabung afrakids, kami sudah memulai bisnis t-shirt dengan desain sendiri. Dan urusan cetaknya kami lempar ke bandung. Kaos yang kami buat pemasarannya 100% lewat onlen. Cuma pake FB aja sih.

Jadi begini ceritanya. Sebelum memutuskan bisnis kaos, saya bekerja disebuah perusahaan atau lembaga kemanusiaan (saya sebut aja inisialnya ACT_loh??). disamping bekerja, saya kebetulan ngelola sebuah fanspage salah satu media Islam. Ga tau saya suka aja buat status di FP. Kadang posting gambar unik, mengharukan, quote sederhana, grafis-grafis goresan sendiri, sampe copas artikel-artikel menarik. Dan fanstastis setiap saya posting apapun, yang LIKE, SHARE, and COMMENT bisa ratusan bahkan ribuan.

Jadi selama bekerja di ACT, saya juga sering curi-curi waktu buat update status di FP (bandel yah...gkgkgk).

Dann...ketika saya sedang asyik ngutak-ngatik FP, ternyata dibelakang saya ada yang sedang asyik memperhatikan saya. Dia adalah orang DIGITAL marketing yang ngurusin akun socmednya ACT. Kaget dong gw...hehehe...tapi, tuh orang bukannya ngomelin saya, malah geleng-geleng ngasih 2 jempol.

“ini punya mas Taris?” tanya dia seolah gak percaya gitu. Dan saya Cuma ngangguk pelan.
“Gila..beneran gila”
“weww...apanya yang gila nih?”
“FP mas taris gila banget, gimana caranya bisa kayak gitu? Saya aja susah mas”
“maksudnya? Saya ga ngerti”

“iniloh mas, jumlah LIKE FP mas taris kan 80.000 tapi jangkauannya bisa tembus 100.000. ini gmn caranya? Padahal FP itu biasanya paling bisa dijangkau 10% dari jumlah LIKE. Jadi seharusnya jumlah jangkauan punya mas taris 8.000. ini kan gila mas. Gimana caranya bisa begitu?”

“saya ga tau, ga ngerti beneran. yang saya tau, saya terus update berita, posting apapun tiap 1 jam sekali bahkan tiap 30 menit. Cuma itu aja yang saya lakuin”
“wahh keren banget mas...udah dipake buat jualan belum?”

Nahhh...pertanyaan ini, yang menjadi titik balik saya dalam merancang ekonomi masa depan saya..duileeee...

“belum. Emang bisa ya?” polos banget gw khan...hahaha
“coba mas pake jualan sekali2”

Sarannya itu saya coba ikutin...iseng-iseng saya desain kaos yang sederhana bwanget. Lalu saya iseng pasang di FP saya.... Dannnnn......jreeeeengggg...

Fantastis...HP saya yang hanya bisa SMS saat itu, bunyi terus2an 24 jam..dan saya harus menjawab semua SMS itu satu persatu..dannn...HP saya terpaksa harus opname karena hang dan customer beberapa ada yang kecewa karena lama respon..hiks..

Tak lama kemudian, saya memutuskan resign dari kantor..(gara-gara FB gw sampe resign..hahaha)

Bekerja dari rumah, sambil bermain sama anak, sambil tidur, bahkan sambil nongkrong di wc saya mencari receh demi receh hingga mencari segenggam berlian..Kaos yang saya buat yang sederhana itu, sampe terbang ke Australi dan Mesir lhoo..hihihihi...

Sebab kendala modal (modalnya habis buat rumah..hehe), saya ga sanggup produksi lagi dan memutuskan jualin produk orang ajah. Ketemulah saya sama Afrakids ini.

Bermodal awal 1.750.000 saya daftar jadi agen afrakids dan mulai memasarkan Afrakids. Tau dari mana produk afrakids? Tau dari isteri. Trus istri tau darimana? Dari internet. Pas liat produknya dari internet gimana? Suka banget. Begitu liat produknya gmn? Tambah cinta saya. Beneran? Sumpah dah. Kenapa bisa begitu?? Nih alasannya: desainnya keren bangedd, unik dan beda. Bahannya adem, packagingnya cakep dah, shopping bagnya oke banged. Daannn tiap motif kaos, didalamnya terdapat artikel menarik sebagai pengetahuan dan bisa diceritakan ke anak. Keren bangedd...pokoknya liat produknya udah langsung seneng. Gak lebayy. Beneran. Buktiin sendiri ajah. Nih order kesini: 79928A32 (bbm), 0817721855 (wa/sms/mobile).

Awal mula masarin kaos, istri saya memasarkan diteman2 kantornya. Responnya bagus. Pesenan mengalir. Bahkan beberapa minta jadi reseller. Untuk pengalaman pertama, reseller hanya bisa kami berikan 5% saja. Karena kami baru bisa belanja dengan diskon 10% di Afrakids pusat. Kalo sekarang sih..diskon reseller minnimal 15% saya kasih. Maksimal 25%. Ngiler khann..invite aja 79928A32..hehehe

Pemasaran pertama saya belum menyentuh dunia maya. Karena isteri sudah mulai memasarkan lewat temen2 kantornya, saya bingung harus memasarkan kemana. Akhirnya saya buat fanspage, ini alamatnya: https://www.facebook.com/afrakidscloth? fref=ts

Diawal susah juga jual onlen disituh, lbh banyak order dari akun pribadi saya: https://www.facebook.com/taris.zuper penjualannya juga belum begitu fantastis.

Sampai akhirnya saya mendapat kesempatan bazaar di event Tangerang Expo. Awalnya saya diajak temen buat mengisi kelengkapan standnya. Coz produk dia kurang banyak. Karena Cuma buat melengkapi standnya, saya cuma bawa sekitar 15 kaos (emang segitu doank yang saya punya..haha) Begitu sampai dilokasi, saya ternyata diberikan stand sendiri...gubrakkk...mau jual apaan gw cuma 15 kaos??? Trus gawang and gantungannya gimana? Manekinnya juga ga punya, standing banner, spanduk ga ada juga. Haduuuhhh malu rasanya. Stand2 tetangga udah penuh sama produknya, udah cakep standnya. Lah gw..kosong melompong cuma 15 biji.

Saat itu juga ATM saya kuras sampe basement buat belanja gawang, gantungan, manekin dan kaos afra sekitar 35pcs. Semua serba mendadak.

Tapi dari situlah saya banyak belajar. Saya banyak inpoh. Bahwa event sekeren itu, kita bisa dapat free charge asalkan terdaftar sebagai anggota UKM Kota Tangerang. Syaratnya susah gak? Bayar berapa? Syaratnya gampang, Cuma isi formulir doank dua lembar. Gak pake bayar2an..semua serba gratiss. Kemana daftarnya? Dateng ajah ke PEMDA setempat. Datengin Dinas INDAGKOP. Trus bilang, “pak/bu saya mau daftar jadi anggota UKM” Rebessss.

Dari situ saya banyak event bazaar gratisan yang diadakan PEMDA Tangerang maupun PEMDA Propinsi Banten. Pemerintah dukung banget buat kita-kita yang mau maju beneran. Dari bazaar ke bazaar saya dapat meraup reseller, dan omset saya terus naik, serta stock cepat menipis. Itu kisah bazaar resmi yang diadakan oleh PEMDA. Satu lagi bazzar resmi yang kami ikuti adalah event Pameran Produk dalam Negeri 2014 di Monas Jakarta Akhir September 2014 kemarin. Ini pameran paling fantastis. 3 hari pameran di Monas kami berhasil menjual 200 kaos. Dengan omzet 15jutaan. Standnya juga gratis. Kenapa bisa gratis? Sebab kami terdaftar sebagai anggota UKM. Enak kan?? Udah daftar sanah...Hehehe...Ada dua model bazaar lain yang mesti saya ceritain. Capek ya bacanya?? Sama saya juga capek nulisnya nih..hahaha

Model bazaar lain yang saya jalanin adalah buka lapak setiap hari minggu di Regency dan Al-Azhar BSD. Awal mau buka lapak, saya tengsin beratttt...kayanya kaki susah banget ngelangkah buat ngegelar dagangan dipinggir jalannn...(duhhh bukan gw bangedd)..

Dengan berat hati dan berat kaki serta pelototan isteri, saya memutuskan tetap buka lapak..awal buka lapak alhamdulillah omzet 400.000 (sumpahhh seneng bangedd). Sejak saat itu saya ketagihan bazaar. Minggu selanjutnya, omzet saya 1,5 juta. Keren kan?? Hehe...minggu selanjutnya saya buka lapak di Al-Azhar BSD. Di Al-Azhar BSD saya harus diusir sama pedagang lain, sampai diusir 3 kali. #miris...so sade..tapi Allah memang Maha Adil. Ikhtiar hamba-Nya tak pernah disiakan. Akhirnya saya dapat juga tempat di Al-Azhar. Bagus lagi posisinya. Pertama kali buka disana, omzet 2 jutaan. Tiap minggu 20-60 pcs closing di Al-Azhar. Selain itu banyak reseller yang gabung dengan saya. Cihuyyyy

Hampir setiap hari saya keliling mencari peluang bazaar. bersama rekan saya Thoni Damar Dari cikokol hingga bintaro. Dan Allah menjawab ikhtiar kami. Selasa kami punya stand permanen di Masjid Bani Umar Pondok Aren. Kamis kami dapat stand permanen di MCD Regency. Tiap Sabtu kami juga dapat stand permanent di Masjid Al-Madinah Ciledug. Jum'at di Masjid Raya Bintaro.

Memang kami berharap bisa bazaar setiap hari. Alhamdulillah..Allah ijabah do’a kami.

Model bazaar lain yang saya ikuti adalah bazaar yang diadakan oleh EO. Yang ini bazaar komersil dengan harga lumayan menguras kantong. Tapi dari sini saya juga banyak meraup reseller. Darimana info bazaar ini?? Dari mbah google. Sekali ikut bazaar dari EO ini, maka bakalan dapat info bazaar setahun full. Weww...asal siap kantongnya aja ya buat bazaar yg model ini.

Pada masa-masa ini onlen saya juga meningkat tajam. Order via onlen lbh sadis daripd oflen. Setiap hari yang invite bbm kami selalu ada. Setiap hari pula yang daftar jadi reseller selalu ada. Mereka yang order onlen mengaku dapat dari FB.

Jadi ketika mereka mencari afrakids di kolom “search FB” ternyata FP kami yang muncul teratas. Padahal kami ga pake FB Ads. Hingga saat ini, jumlah yang invite pin kami 600 orang(data oktober 2014_kalo sekarang kalo gak didelconin sudah ribuan). Buat kami itu sudah fantastis. Sebab kami tak pernah menggunaka jasa FB Ads dan SEO, SEM dan semua pasukannya. Bukan apa2, karena kami ga ngerti ajah. Coba kalo ngerti, pasti kami pake tuh jurus. Hehehe

Apa Sih Rahasianya? Selama kami menjalani bisnis ini, entah mengapa hati kami begitu plong..tak ada ambisi apapun. Kecuali hanya untuk menafkahi keluarga semata. Tak ada keluh saat dagang harus tak laku. Tak mengeluh saat terik menemani kami atau saat hujan mengguyur dagangan kami (beneran, kami pernah kehujanan, dan basah itu kaos). Kami tetap tertawa..menikmati setiap proses yang Allah hadirkan.

Saya sadar FB Ads itu penting, tapi keikhlasan hati itu lebih penting. Saya sadar FB Ads,Google Ads, SEO SEM itu cara hebat menaikan omzet. tapi saya sadar, restu isteri, dan orang tua jauh lebih hebat dari ilmu marketing apapun. Saya tau FB Ads akan menembak sasaran sesuai target, tapi saya yakin sedekah itu lebih dahsyat impactnya ketimbang FB Ads. Maka, bagi siapa saja. Jika kekuatan hati, dukungan orang-orang tercinta, serta perbanyak sedekah dan menyantuni yatim dan dibarengi dengan ilmu “maya”, maka saya yakin, grafik bisnis kita akan jauh lebih dahsyat. Jalanin yoo PR diatas..hehe

SARAN KAMI BUAT PARA AGEN AFRAKIDS TERCINTAAAHHH....
  1. Stock banyak itu penting banget. Saya bisa closing 200 pcs di Monas, sebab saya bawa kaos 500 pcs. Jangan mimpi dapat omzet 15 juta, jika nilai kaos yang dibawa hanya 5juta. Reseller juga betah belanja sama kita, karena yang diminta selalu ada.
  2. Cara cepat memutar modal adalah dengan meraup sebanyak-banyaknya Reseller. Karena dengan begitu kita akan sangat terbantu menjual kita punya produk. Uang panas itu bukan dari besarnya keuntungan, tapi dari keuntungan yang kecil yang bisa terus diputar.
  3. Niatkan bisnis ini untuk ibadah bukan yang lain.
  4. Sedekah itu akan melipatgandakan rezeki. Yang ini udah pada faham. Tapi masih banyak yang mikir2 buat jalaninnya
  5. kerja keras jangan mudah putus asa ikhtiar diatas rata-rata biasanya akan menghasilkan hasil diatas rata-rata pula. jika kita gigih dan terus berusaha, Allah akan membuka jalan terbentang. tugas kita terus berusaha, Allah lah yang kemudian mendatangkan pembeli baik satu-satu maupun pembeli berbondong-bondong.
  6. Fokus ini penting dan harus kita lakukan. semua hal bisa menjadi uang. bisa menjadi peluang. tapi kita juga harus yakin, bisnis yang kita jalankan pun memiliki potensi luar biasa. jadi, jalanlah pada satu jalan, jangan bercabang. jalan pada jalan yang bercabang akan membuat kita bingung sendiri. akibatnya kita tertatih-tatih, tujuan tak kunjung dicapai. penyesalan hadir ditengah-tengah, membuat kita ingin berbalik melangkah dan berniat ambil jalan sebelahnya. yang fokus hampir sampai tujuan, sedang kita masih tertegun dipangkalnya.
  7. 10% dari keuntungan atau bahkan omzet bagilah ke-4 keran ini: 2,5% zakat, 2,5% sedekah/santuni anak yatim. 2,5% untuk orang tua. 2,5% untuk mertua. Gimana yang belum menikah?? Yaa..menikahlah..pake nanya!
  8. Saya saranin punya BB. Aktifin bbm-nya. Beneran! Udah ikutin ajah. Sssstt...Penjualan kami paling tinggi dari BB lho...
  9. Kalo belom ngerti FB Ads (sama saya juga blm ngerti) jalanin aja Fpnya. Banyak2 posting yang menarik. Yang lucu, unik, bermanfaat. Nanti juga bakal ke-angkat Fpnya..
  10. Itu dulu yaa..kalo masih mau bincang2, Add aja pin ini 79928A32. Ga punya BB? Ke WA juga boleh 0817721855. Ga punya juga? Kamu harus punya dua aplikasi itu kalo mau serius bisnis! Ganti henponnya sanah!
SAMPAI DISINI DULU YA
Jika ada kesempatan lain,
Saya akan share elmu:
1. Tekhnik Closing cepat tanpa bertele2
2. Tekhnik Closing banyak saat pameran

DISKUSI

T : Begini kan di point 6 kan ada kata nya harus fokus nah kan nanti itu pasti ditengah2 jalan pasti ada rasa nya ingin pindah haluan meskipun sudah niat ngga ingin pindah haluan gitu mas nah gmana cara nya supaya kita tetap fokus terhadap tujuan itu ?? Terima kasih

J : Terimakasih kang alris
YAKINI dengan kuat bahwa setiap usaha/bisnis kita yang baik dan halal In syaa Allah akan terus berjalan, menghasilkan dan berkah Tentunya. Jika ditengah jalan tergiur bisnis lain, ini adalah salah satu UJIAN BISNIS yang paling mengerikan. Sadari itu, ingatkan diri sendiri. Bahwa kita harus fokus dan TOTAL disini, sampai tujuan tercapai. Sepinya bisnis kita jangan patah arang dulu.. Evaluasi kenapa sepi, apa yang kurang dijalani? Hubungan sama Allah? Service buruk? Slow respon?

Bisnis itu ga selalu banjir omzet laksana tsunami Kadang ia juga kering kerontang. Disini mental dagang kita diuji..apakah bersabar atau patah arang.. Kita baru bisa ngelirik bisnis lain, kalau bisnis yang sekarang sudah bisa diserahkan tanggung jawabnya ke orang lain.

T : Bang, cara mencari resellernya gmna ? Dan menentukan kita tau dia amanah atau tidaknya.

J : Terima kasih kang enda
Yang saya jalani, saya dapat reseller karena saya sering bazaar dulu diawal, kalo sekarang reseller banyak saya dapat dari onlen juga oflen. Reseller onlen saya dapat dari FP saya. Kemarin dalam 3 hari saya berhasil meraup reseller dr web dan FP saya 40 reseller. Dari pameran di Malang (Belum lama saya ikut IBF malang) berhasil angkut 20 reseller dan 3 diantaranya reseller "piranha" yang kalo order bisa diatas 100pcs.. Bagimana mengetahui reseller yg amanah?? Yang harus ditanya adalah diri kita sendiri. Apakah kita supplier yang amanah? Masalah reseller amanah atau Tidak jangan dipikirin, Yang harus kita lakukan adalah mmbuat SYSTEM BISNIS kita yang ajeg dan kokoh..

Yang ga bisa dirayu2 dengan apapun.
Misal:
Saya buat aturan belanja 2pcs Diskon 15%. Lalu ada reseller minta 20% dengan alasan ada agen disana yg bisa kasih 20% dg belanja 2pcs. Nahh sbg supplier AMANAH adalah harus tetap berpegang pada system yang sudah dibuat sendiri..

Jangan malah bilang
"Ya udah deh gapapa 20%"

Ini supplier galau namanya..gak bisa diandalkan. Gak amanah dengan bisnisnya sendiri hanya karena takut resellernya kabur. Cuma2 gara2 satu orang lantas mengkhianati system itu sendiri. Padahal masih ada 200-an juta orang yang bisa diprospek. Intinya buatlah sistem bisnis kita. Dan taatlah pada sistem yg sdh kita buat. Ga usah takut reseller kabur.. Anda tahu kenapa telkomsel yang mahal Ternyata lbh banyak diburu Daripada yg lain?..kira2 begitulah.

T : bisa kasih gambaran singkat ajja gmna cara closing yg g bertele2 mas??

J : Terimakasih mbak Puji
Untuk closing tanpa bertele2 butuh starting touch "sentuhan awal" yang cetar mba puji. Kalo ada yg invite di BBM Jangan didiemin, itu duit udah Dateng, sayang kalo dicuekin. Sapalah orang yg telah invite kita.

"Assalamu'alaikum mbak puji :D terima kasih telah menginvite kami. Semoga silaturrahim bermanfaat dan berkepanjangan. Ada yang bisa kami bantu?

itu contoh sapaan pembuka untuk calon customer yang bukan hot prosfek. Tapi kalo ada CUSTOMER HOT PROSFEK tembakan langsung penting bgt.

Contoh:
Assalamu'alaikum mbak puji :D. Kenalkan saya tariszuper Agen Afrakids Tangerang. Request mbak puji paket PEDULI resell Afrakids telah kami terima. Mbak Puji Tinggal di Tangerang, Betul ya mbak? :D

90% dengan menyapa seperti itu CLOSING dalam hitungan menit.

T : Mau tny..Saya mau jd agen sebuah produk mas taris... langkah apa aja nih yg hrs saya
perhatikan sebagai pemula.. ?

J : Terima kasih mas Azzam
Kuasai tentang Produk yg mau dipasarkan. Jangan asal ambil karena rame, Tapi perhatikan dapet ga mas azzam "feel" nya disitu. Banyak bisnis yang lagi rame saat ini, Tapi pikir lagi deh itu cocok gak buat kita, kita mampu ga ngejalanin, mau dipasarin kemana ya?, jangan mentang2 rame lantas latah mau masarin tuh Produk (kalo mau masarin afrakids sih ok2 aja... :D

Ukur diri kita bisa gak ngejalanin Produk itu, kalo sudah yakin mampu ngejalanin ambillah...bismillah sambil belajar. Prlajari atau tanya sedalem2nya ke supplier tntang produknya, Biar mas azzam PD ngejualinnya. Kalo ditanya customer jadi ga pake garuk2 kepala yang ga gatel.. Tanyain benefitnya mas azzam yang lengkap. Diskon yg didapat, reward dll. Sebelum akhirnya ketuk palu, penting minta petunjuk sama Allah... Istikhoroh #UsapJenggot..

T : selain memasarkan dg membuat kata kata yg menarik perhatian org kemudian di taro di bbm -> bc atau di fb -> dishare Kira kira ada ga cara terbaik untuk menarik banyak org. Kalau fanspage tentunya harus dg langkah mas taris dulu. Kalau bazar... Mereka pd blm tahu produk nya?

J : Terima kasih
Langkah terbaik tntu dengan berkorban lebih mas Rijal.
"Iklan" satu cara badai yang recommendedd. Sedikit berkorban Namun akan berimpact besar. Masang iklan di FB juga joss hasilnya. Saya ga ngerti masalah iklan di FB, Tapi saya dibantu sama tim digital untuk diiklankan Produk saya, alhamdulillah... hasilnya memusakan. So... kalo mau tambah kenceng larinya, iklan di FB or Google sangat recommendedd

T : Menurut mas taris sendiri bagus ngga kalo kita ngelanin 2 usaha sekaligus, walaupun
hanya sebagai iyaa Reseller gitu mas ?? Gmana cara mengatur waktu nya apalagi kalo yg
masih kuliah ?? Terima Kasih mas

J : Nggak bagus. Pake banged. Tanya pada orang2 besar. Apa yang membuat mereka besar, FOKUS jawabannya. Mumpung masih kuliah, bangun kredibilitas dr sekarang. Belajar Fokus pada satu saja. Sehijau apapun rumput tetangga, udah nikmatin aja rumput sendiri! Saya punya pengalaman gak fokus dulu, itu menyakitkan! Percayalah! Bisnis sulit berkembang, pikiran terpecah..

T : Saya ini kan masih mahasiswa nih mas.. gmn tuh?

J : Sedikit banyak sama dg mas Asril Smua orang berhak jadi pengusaha. Termasuk pengusaha. Saya punya banyak teman masih muda dan mahasiswa pula, bisnisnya udah terbang kemana2. Saya dibuat iri sama mereka, dulu saya seumur teman saya itu, saya masih jualan donat keliling ke kelas2 di kampus, sedang teman2 saya sekarang sudah lintas negara...Keren kan? Jika niat bisnis jalankan, pelan2 Tapi pasti.. Kalo kebanyakan dipikirin nanti gak jalan2, Tapi kalo sudah dijalanin nanti bakal mikir tuh gimana ngejalanin nih dagangan :D.

T : Kalau fanspage awal awalnya kan sepi itu gmn biar rame? Atau undang undang dulu semuanya ? Atau cuma update update terus aja ?

J : Iya undang aja. Harus rajin update status di FP Status di FP kan bisa disetting waktunya. Mau terbit kapan Tinggal diatur. Mau buat artikel buat Seminggu Tapi digarap sejam juga bisa. Jaman udah serba gampang sekarang. Buat artikel atau quote yang menarik, dishare. Buat status kalo bisa yang nyambung dg nama FP nya

T : Itu kan kita menyapa stlh di invite oleh calon pembeli. Nah gmn klo trnyta yg invite itu anak2 remaja alay2?? Prlu ditanggapin gak ya?? Krn sya kendalanya msh 1 bbm utk smua..!!

J : Sebaiknya pisahkan pin pribadi dan pin bisnis. Saya satu pin khususon buat bisnis tok. Jadi orang invite saya udah pasti mau nanya inpo Produk yg saya jual. 90% Begitu. Kalo ada yg alay2 gitu mah delcon aja! Mengganggu, Bikin nambah berat BB, gak prospek, cuma menuh2in kontak aja. Saya kalo dalam 3 bulan gada transaksi saya delcon walaopun bukan alay.. Walaupun pernah diinvite alay... (@ku_celalu c@yan9 p@d@iiiu) Masa nama bb Begitu..

PENUTUP
Terimakasih untuk atensiny saudara2 semua,mohon maaf atas banyakny kekurangan dan terbatasny waktu,, Semoga bermanfaat..aamiin

Wassalamu'alaykum warohmatullah wabarokatuh..

Huft, panjang ya perjalanannya hehe, semoga bermanfaat buat sobat yang mau memulai usaha di bidang fasion. Terima kasih kang Taris atas ilmu dan pengalaman yang sangat berharga bagi kami yang masih pemula. Terima kasih juga untuk mba Gita yang paling rajin jadi notulensi hehe.

Sukses selalu buat kita.

Salam Pengusaha.

Cara Cepat Menaikan Omset dengan Facebook dan Fanspage Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment