Sunday 12 April 2015

Basic Facebook Marketing

Cara mendapatkan Viral Facebook
Viral Fcaebook
Hello sob, ada berita bagus untuk kita semua nih, saya akan share sedikit ilmu yang saya dapatkan tentang pertemuan saya di klinik bisnis. Saat itu tema yang di pelajari sangat bagus, yaitu Facebook Martekting. Walaupun ini masih basic tapi ternyata bisa membuat kita menjadi terkenal loh di facebook.

Setelah saya simak materi yang saya ikuti dari sang guru, ternyata facebook banyak sekali kelas-kelasnya untuk tujuan bisnis. Nahh untuk saat ini kita belajar dari basic dulu ya sobat, insyaAllah kedepannya kalau saya belajar lagi Facebook Marketing level selanjutnaya saya akan share lagi untuk sobat. 

PERINGATAN!!! ARTIKEL INI KHUSUS NYUBI, MASTAH TIDAK USAH BACA, PASTI BOSAN :D 

Oke kita mulai ya sob, saya akan mengenalkan dua hal yang paling dasar pada Facebook Marketing, yaitu : EDGE RANK dan VIRAL. Adakah sobat yang pernah mendengar istilah ini? Dari sinilah kita akan dikenal banyak orang. Masa sih? Gak percaya? Oke nanti saya akan beritahu siapa saja yang sudah terkenal dengan mempraktekan ilmu basic ini. Sebelum itu tahukah sobat, ternyata tidak semua status yang kita buat di Facebook itu muncul di TIMELINE teman facebook kita, kenapa? Karena Algoritma Facebook mengatakan status kita itu tidak penting untuk teman kita, kenapa bisa tidak penting? Karena tidak ada yang like dan komen, sehingga status kita tidak dimunculkan oleh Facebook di TIMELINE teman kita. Inilah yang namanya EDGE RANK sob, nilai yang di berikan oleh Facebook karena kita aktif Update di Facebook kemudian mendapatkan banyak likes dan komentar. Sobat pasti pernah melihat status yang sudah berhari-hari bahkan berbulan-bulan namun tetap muncul di timeline pertama kita. Itu semua karena setiap harinya ada yang ngelike dan komen, sehingga nilai Edge Ranknya terus meningkat. Nilai yang di berika Facebook yaitu, setiap satu like mendapat 1 point, setiap satu komentar 2 point dan setiap satu kali share 3 point.

Sampai sini sudah paham ya apa itu Edge Rank? Kalau sudah, kita akan lanjut bagaimana caranya agar mendapatkan nilai Edge Rank yang tinggi. Agar status Facebook kita mendapat Edge Rank yang tinggi, kita harus praktekan CTA (Call To Action) intinya mengajak orang untuk menjawab status kita. Di bawah ini adalah contoh status saya, karena saya juga baru tahu dan langsung praktek ya lumayan lah hasilnya, walaupun masih dikit yang likes dan komen.

facebook marketing online
Contoh CTA
Harap jangan tertawa ya :D, maklum masih nyubi. Nah setelah status kita sudah memiliki Edge Rank yang tinggi, maka kemungkinan besar status kita akan mendapat VIRAL, disinilah peran pentingnya, kenapa penting? biasanya kalau ada status yang banyak likes, komen dan share, status itu akan naik terus di Timeline kita dan kemudia kita bakal KEPPO tuh, apa sih isi statusnya, udah liat statusnya terus KEPPO lagi siapa sih dia? Sudah pasti kalo KEPPO gitu kita bakal liat semua isi statusnya. Sampai disini paham ya?

Jadi, kesimpulannya kalau kita sudah banyak di kenal orang, status kita banyak manfaatnya, sekali saja kita promosi dagangan kita, hasilnya woowww loh. Nah mulai dari sekarang kita praktek bareng-bareng saja ya, buat status yang mengundang rasa emosi yang baca biar di komen hehe. Emosi bukan ngajak berantem ya hehe.

Sesuai janji saya di awal saya akan kasih bocoran nih, status siapa saja yang bayak like, komen dan sharenya. Sobat coba cek TL nya kang Dewa Eka Prayoga, Musa nih satu lagi yang kalau bikin status bikin greget para jomblo Sopian Abdul Hadi. Jika sobat yang punya fanspage bisnis dan belum banyak likes-nya bisa belajar status yang mengandung CTA (Call To Action) kemudian bisa sobat ATM (Amati Tiru Modifikasi) nih statusnya, like saja fanspagenya Royal Sandwich.

Oke sekian yang bisa saya share ya, semoga bermanfaat. Semoga yang sekali baca banyak praktek tambah laris bisnisnya Aamiin. Semoga yang mau bantu share artikel ini tambah banyak tabungan pahalanya hehe. Kalau masih ada yang belum paham kita diskusi saja di kolom komentar ya biar seru hehe.

Salam Pengusaha.


Basic Facebook Marketing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment