Friday 24 July 2015

Penipuan Online Shop di Instagram

Hai sobat blogger dan para pembaca setia blog saya, terima kasih sudah berkunjung. Kali ini saya akan share mengenai Penipuan Online Shop di Instagram. Bagi para pedagang online maupun pembeli online wajib mengetahui hal ini supaya sobat tidak menjadi korban selanjutnya. Sedikit saya berikan beberapa tips untuk memilih online shop yang jujur dan amanah di Instagram.

#1. Cek Harga dan Kualitas

Penipuan Online Shop di Instagram
Sama halnya dengan di dunia nyata, menjadi calon pembeli di toko online Instagram pun juga harus jeli dan cermat terutama dalam hal pengecekan harga dan kualitas barang. Untuk mengecek harga ini, sobat dapat membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang berlaku di pasaran ataupun dengan toko online yang lain. 

 Baca : http://jamtanganimport.com/

Akan tetapi, biasanya memang sedikit sekali toko online yang memasang harga pada gambar yang diunggah dan hanya mencantumkan kontak untuk dihubungi. Hal ini biasanya memang sengaja dilakukan oleh penjual untuk mengetahui calon pembeli yang memang serius ingin bertransaksi. Selain itu, hal tersebut umumnya juga berkaitan untuk menjaga persaingan harga antara online shopyang satu dengan yang lainnya.

#2. Cek Followers / Pengikut

Cek Followers / Pengikut
Selain mengecek beberapa hal di atas, memeriksa jumlah followers atau pengikut di sebuah akun intagram toko online yang hendak dituju juga penting. Tidak hanya kalangan artis saja yang umumnya memiliki followers / pengikut banyak di instagram, tetapi sebuah toko online pun jika memiliki followers / pengikut yang banyak atau populer, maka akan semakin mengukuhkan kepercayaan orang terhadapnya. Akan tetapi, Anda juga jangan lantas terbuai dengan followers / pengikut yang terbilang banyak. Cek lagi para pengikutnya tersebut untuk memastikan bahwa akun-akun yang ada memang benar-benar ada. Jika Anda mendapati kebanyakan pengikutnya adalah nama-nama asing (orang bule) ataupun akun anonim yang jarang beraktivitas di Instagram, maka patut dicurigai bahwa toko online tersebut sengaja melakukan pengisian pengikut. Hal ini dikarenakan followers / pengikut yang banyak akan menunjukkan bahwa toko online tersebut menarik.

#3. Cek Testimoni


Cek Testimoni
Untuk beberapa waktu, sobat memang dituntut untuk menjadi semacam penguntit akun yang hendak sobat tuju. Salah satunya adalah rajin melihat dan mengecek komentar atau testimoni dari pembeli sebelumnya yang terdapat pada setiap foto-foto yang diunggah. Dari komentar-komentar yang ada, akan didapatkan gambaran umum tentang produk yang akan dibeli dan juga reputasi toko online tersebut. Kalau menurut saya inilah faktor yang paling penting, mengapa? Karena semakin banyak testimoni positif yang ada pada suatu online shop, maka akan kemungkinan besar calon pembeli akan melirik akun tersebut dan kemudian mengkontak owner akun tersebut. Namun, sobat juga perlu hati-hati dan lebih jeli, karena banyak juga pemilik online shop memakai testimoni palsu. 

#4. Cek Profil Owner



Pada tahapan ini adalah yang terakhir, sobat harus cek sepak terjang online shop yang akan sobat tuju, minimal sobat bisa tahu profil si owner tersebut. Bagaimana cara mengeceknya? kalau saya biasanya langsung googling di mbah gugel dengan keyword nama online shop tersebut dan nama ownernya, maka google langsung memberikan informasi profil akun serta ownernya tersebut. Kemudian saya cek profil tersebut, jika saya merasa profil ownernya baik, insyaAllah saya sebagai pembeli akan langsung mengkontak owner tersebut.

Oke, itulah beberapa tips yang saya terapkan jika sedang mencari supplier terpecaya apabila saya kehabisan stok barang. Setelah kita tahu bagaiamana cara agar mendapatkan online shop yang terpercaya. Kita pun harus tahu beberapa kasus penipuan yang sudah terjadi pada beberapa orang  tertentu. Silahkan sobat klik di sana >> Akun Instagram Penipu << Disana banyak sekali akun-akun instagram para penipu yang dilaporkan oleh korban maupun calon korban, silahkan sobat baca sendiri yaa, baca secara perlahan agar sobat selalu ingat akun-akun penipu tersebut. Atau sobat bisa cek akun instagram Indonesia Blacklist atau OlsCurhat, di akun tersebut banyak pula akun olshop yang di laporkan melakukan penipuan.
Saya juga memiliki nama-nama rekening pelaku penipuan online shop di berbagaimacam media sosial yang saya dapatkan dari salah satu akun FB pedagang online. Silahkan sobat add FB saya Arief Ay silahkan cek TM saya atau langsung ke sini saja >> Nama Rek. Penipuan << Tapi biasanya kalo belum berteman tidak bisa di buka.

Yappssss, itulah tips yang saya praktekan saat akan berbelanja di Instagram. Semoga bermanfaat buat sobat yang ingin berbelanja di dunia maya yang penuh dengan kebohongan. Selalu waspada, karena kejahatan bukan hanya karena ada niat, tapi ada kesempatan :D.

JADI PEMBELI YANG CERDAS YAA SOBB.

Sumber : Google.com, Blog Shopius dan oninstragram.com

Penipuan Online Shop di Instagram Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment