Tuesday 15 December 2015

Ngobis PKT : Bisa Kuliah Cuma Modal Jualan Online

NGOBISPKT : Bisa KULIAH Cuma modal Jualan Online - Hallo para pengusaha dan calon pengusaha. Pada tanggal 14 Desember 2015 sebuah komunitas Pengusaha Kampus regional Tangerang mengadakan NGOBIS (Ngobrol Bisnis) dengan tema “Bisa KULIAH Cuma modal Jualan Online”. Di isi oleh Mas Zulianto, seorang dosen yang sukses membiayaun hidan dan kuliahnya hanya modal bisnis online. Oke yuk kita simak…..



PEMBUKAAN
Saya mulai dari kisah sendu di awal mengenal bisnis online…
Memulai apapun itu sebaiknya mulailah dari yang ada, artinya potensi kita, saya dulu memulai bisnis untuk membiayai pendidikan adalah dengan potensi dan pengetahuan yang ada dulu.

Saya memulai dengan jualan roti bakar, alhamdulillah bertahan 1 semester, modal awal ratusan ribu saja, lumayan dapat pengalaman.
Kemudian jualan bandrek, untung 200ribu tiap 4 dus, dengan modal awal 500ribu, lumayan akhirnya bisa sampai skripsi, karyawan 2 orang termasuk saya hehehe.

Kemudian setelah berbagai macam bentuk bisnis, bulan Juni 2011 saya ujian skripsi, kemudian berpikir mau kemana setelah saya wisuda, belum terbesit sama sekali untuk memanfaatkan ijasah saat itu.

selama kuliah jualan udah seneng banget, sering ikut seminar ini itu di kampus sebelah (UB, Unmuh dll)
investasi leher ke atas kata trainer2
ijasah di tangan, hati bergejolak
ijasah di tangan, impian akankah jadi angan2
Galau bahasa kerennya,

Padahal senjata ikut seminar dimana2 udah dapat, tapi ada sesuatu yg kurang pas dihati. Akhirnya Allah SWT memberikan sebuah jalan, ketemulah saya dengan online shop, bulan September saya wisuda dan mencari tempat untuk belajar, akhirnya sebuah perusahaan SEO mau menampung saya untuk belajar mulai dari nol.

Saya memulai untuk magang di sebuah perusahaan SEO di Kota Malang selama 5 bulan hingga awal Januari 2012. Di tempat magang tersebut saya masuk pukul 08.00 s/d 16.00 wib setiap senin hingga jum’at. Suasana perusahaan beneran, saya mendapatkan banyak hal disana tentang membangun sebuah bisnis.

Alhamdulillah, selama tiga bulan magang saya mulai menikmati bisnis online ini, ilmu yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Dengan dasar ilmu teori di kuliah saya bisa praktik, asyik nih.

Desember 2012 saya mencoba untuk praktik ilmu magang di malam hari, pagi ngerjakan kerjaan di tempat magang, malam praktik bisnis sendiri, saya cari-cari produk yang pas untuk dijual. Ketemulah saya dengan teman SMA yang kebetulan produksi mukena, gayung bersambut, saya sampaikan kepadanya untuk menjadi reseller pribadi, saya lobi kawan itu,
Alhamdulillah beliau mau,

Info saja dulu harga mukena tersebut saya jual 250ribu-350rb, saya dikasih teman keuntungan 40-60ribu/mukena. semua pengemasan dan pengiriman dilakukan oleh teman saya tsb.
Ini facebook jualan mukena saya https://www.facebook.com/mukenagrosir
Gratisan itulah yang saya mulai, pecah telor jualan pekan kedua sejak hari pertama jualan mukena secara resmi.

Kegiatan jualan itu saya sambi dengan kegiatan utama saat itu menjadi siswa magang.
Dari jualan mukena setiap bulan saya mampu menjual rata-rata minimal 60 pcs mukena, silakan dikalikan 60x40rb=2,4jt, rejeki bertambah saat menjelang puasa dan hari raya, hanya berbekal HP Nokia. Saat itu saya cuma punya PC (tanpa modem), hp nokia hitam putih. Kalau optimasi ya ke warnet atau pinjem laptop saudara.

Optimasipun saya ke warnet yang paketan 10ribu dapat 10 jam, biasanya mulai jam 9 malam, subuh saya pulang ke kos di jalan Jombang, yang di Malang pasti tahu tempat ini. itu saya lakukan selama 5 bulan dihitung sejak lulus S1

Rasa bagaimana2 pasti merasuk di dalam jiwa saat teman sekelas mulai bekerja, ada yg diterima di Bank, perusahaan pertanian, guru, dst. Sementara saya masih belum jelas, walaupun sudah punya uang sendiri hehehe.

Kita tidak bisa memungkiri, orang tua butuh pembuktian. Akhir Desember titik perubahan itu mulai ditunjukkan Sang Kuasa. Oke fiks, saya musti lanjut S2, harussssssssss.

Impian saat itu dibenak saya, S3 sebelum umur 30 Tahun. Mulai saya masukkan dalam setiap doa “Ya Allah, tunjukkan jalan S3 sebelum umur 30 tahun”.

Bulan Januari, saya pamitan magang. Saya persiapkan tabungan dll untuk daftar di UNY.
Yaps, Jogja, tempat yg saya impikan sejak SMA. Alhamdulillah di Jogja inilah bisnis saya semakin menunjukkan hasilnya, hingga saya bisa merekrut beberapa mahasiswa untuk masuk di Ontamerah.

Tim inti 3 orang, lainnya adalah freelance. Jualan mukena tetap jalan, kemudian ditambah dengan usaha konsultasi pemasaran. Dari situlah saya mulai di undang oleh beberapa instansi, pulang pergi Malang Jogja sudah menjadi hal yang biasa saat itu dengan disambi kuliah. Hingga rasa lelah itu tak nampak, dikarenakan semangat untuk biar bisa membiayai kuliah S2 ini.

Alhamdulillah Februari pengumuman S2 datang, saya diterima di UNY dan UNS. Dengan pertimbangan tertentu, saya mengambil di UNS dan tetap tinggal di Jogja Istimewa.

Saat ini saya sudah bekerjasama dengan pabrik lilin aromaterapi di Solo, Cover mobil di Bandung. Sudah ada konsumen rutin yang ambil, karena 2 tahun ini saya fokus untuk utak-atik manajemen.

Tahun depan baru membuka PKL untuk siswa dan mahasiswa serta umum yang mau belajar bisnis. Semuanya tanpa web berbayar hanya lewat FB, blog gratisan dan jaringan konsumen.

Beberapa blog wordpress saya udah tidak bisa dibuka alias di banned oleh wordpress
saya mulai semuanya dari gratisan dulu, saya ingin contohkan kepada mereka (mahasiswa, saudara, teman dll) Gratisan itu bisa, g harus punya web dulu, beli ini itu dulu.

Dibalik itu semua tujuan utama saya adalah membuka Pendidikan berbasis Bisnis yang mirip di Belanda. Mohon doanya, saya lagi persiapan S3 untuk ambil Pendidikan Bisnis dan Manajemen disana.

Itu dulu pembukaan dari saya, maaf loncat-loncat. Itulah gambaran sedikit bisnis kecil2n yg saya mulai dengan modal seadanya (baca: potensi).

PART 2
Setelah ini saya sedikit sharing aja bagaimana ‘Bisnis Online menghidupi dan Menghidupkan Kuliah’ Saya. Dari jualan online, ijasah saya dapatkan dan ijabsah saya raih tentunya maisyah dan aisyah menemani.

Buatlah mindmap, goal apa yang hendak Anda capai, kasih timeline yang jelas.

1. Niatkan
2. Minta restu keluarga, mengikutkan do’a mereka
3. Sedekah, buatlah target, setiap untung bersih sekian persen sedekah
4. Jauhi riba
5. Luruskan bisnis Anda
6. Belajarlah terus, update ilmu tak akan membuatmu mundur

Agar ilmu menjadi manfaat bagi semesta berbagilah ilmu, jangan lupa berbagi apapun, tanpa harus buat seminar atau training, terbukalah tangan, hati dan pikiran kita kalau ada yang ingin belajar, jangan nunggu, nunggu dan nunggu. Apa kita tahu besok masih hidup.

Itu sedikit hal yang bisa saya sampaikan, karena waktu yang terbatas, hanya cerita2 aja, saya yakin yg disini banyak sudah hal yg didaptkan. Didapat di bangku kuliahnya, sharing dgn yg expert, dan di komunitas bisnis tentunya. Setiap orang sudah ada kadar rejekinya, lalui prosesnya, insya Allah yang Maha Kuasa sudah memberikan jalan khusus buat Anda.


Tanya Jawab sesi 1.

1. Arsandi - jogja - waniora snack
Saya mau tanya, cara mendapatkan konsumen hingga rata2 laku 40pck/bulan itu bagaimana? Apa ada kegiatan promosi tertentu atau kiat khusus untuk mendapatkan angka tersebut?

2. Andri Hendrizal Yogyakarta Usaha penerbit buku.
Apa ada tips khusus supaya konsumen percaya utk membeli dari kita walaupun dgn blog gratisan?

3. Fika_Tangerang Selatan_ Clothing Line Badminton.
Bagaimana mas caranya membagikan waktu dan fokus kita terhadap kuliah dengan bisnis? Karena saya saja yg baru buka PO sebulan sekali suka merasa kewalahan karna banyak sekali pembeli yg bertanya dan minta di jawab dengan cepat tanpa melihat waktu sehingga saat belajar pun fokusnya tetap di bisnis

Jawaban :
1. itu saat di tahun 2012, alhamdulillah sekarang udah ada konsumen tetap, tiap order konsumen udah 2 lusin minimal, konsumen saya rata2 udah grosiran.

Saya mulai dengan teknik sederhana, ada di ebook, nanti saya bagikan gratis

Hal yang terpenting adalah membuat nyaman calon pembeli, sebesar apapun trafik ke HP kita klo di teknik closing kurang pas maka kurang maksimal omset kita, omset kurang maksimal otomatis profit berpengaruh.


Ada target nominal yang harus saya capai.
Dulu kan SPP S2 6 juta/semester, otomatis saya harus saving 1 juta per bulan khusus untuk SPP
artinya untuk makan, kirim ortu, dan biaya buku dll harus dicari sumbernya. Secara teknik, nanti di ebook, mulai dari cara menyapa konsumen, kemudian target di lapak kompetitor 
insya Allah di ebook saya ada.

Intinya belajar psikologis manusia dan teknik sederhana yg kita bisa jangkau. Ingat kita punya keterbatasan waktu, jadi klo udah muntah2 alias cuapek banget saatnya rekrut orang, 
bisa dengan buka PKL Gratissssss. Suruh optimasi punya kita dulu, apalagi sekarang FB ads murah bingit.

2. Daftarkan ke polisionline, kasih alamat lengkap, fokus optimasi (banyak yg udah bahas tentang SEO, dll), jangan lupa buat sales letter yg ciamik.

Tambahan: saya ada kumpulan alamat email, ribuan jumlahanya, nanti saya titip mas arif untuk dibagikan bisa dibuat untuk jaring konsumen tinggal copas aja.

3. Saya biasanya membagi waktu dalam 3 hal: jualan, belajar dan istirahat. Kalau dulu pas one man show, pagi kuliah (senggang balas bbm, sms), sore belajar, malam optimasi.



Tanya Jawab Sesi 2

1. Adi putra_bekasi.
Saya mau tanya. Gmana sih cara memasarkan barang jualan secara online yang baik dan benar tuh seperti apa. Soalnya saya sekarang lagi jalanin jualan sepatu lewat sosmed. Tapi jarang ada yang respon. Itu salah dari cara pemasaran saya atau gmana.

2. Nuqman_jakarta timur_mas zul
Kalo boleh saya tau kenapa usahanya namanya onta merah ? Itu ajh dari saya. Makasih 😊

3. Septa_mahasiswa.
Selama bisnis.memakai patner atau karyawan kalo patner cara memilih patner berlandaskan kepercayaan atau uang? Oh ya ebook yg td dikasih tau berbayar atau bagaimana?

Jawaban :
1. Untuk Mas Adi, klo di offline dan online sejatinya sama, kalau kita sebagai penjual cuma diem, apakah calon pembeli kita ada yg tahu klo kita Jualan?

Kita fokus di online dulu, maka langkahnya buat FB, Line, IG dll. Kemudian sebar informasi, sebelum itu semuanya memang di google ada namanya google trends, keyword planner dst


Disana kita bisa ngerti, kota mana aja yg butuh sepatu A, keyword apa saja yg sedang dicari orang dll. Dengan memilih keyword yg benar kemudian kita lanjut namanya tebar pesona (like, koment, share motivasi, sok kenal dll).

Intinya di luaran sana tahu, Gue tempat beli sepatu yg rekomend lho, setelah tebar pesona, selanjutnya biasanya ada tuh yg inbox, komen balik, sms, telpon


Berikutnya kita maksimalkan pelayanan, belajar teknik closing, di internet seabrek.

Ulangi terus menerus, saya jamin seiring waktu. Rekening kita akan ramai.

Saya dulu juga sama dengan mas Adi, alhamdulillah dengan belajar sama yg ahli, ditunjang praktik, buah akan dipetik. Kalau instan bisa saja (promote seleb, dll)
, tapi kalau pelayanan ke konsumen jelek, barang jelek mereka g akan kembali.

Jangan sampai kita kejar uangnya terus, kejarlah kepuasan konsumen dalam berbelanja kepada kita
.

Ooh enak beli sepatu di Mas Andi, bagus, harga kompetitif
dan pelayanannya itu lho sipppp
dari situ wom
mulut ke mulut informasi jadi mantab

2. Ontamerah itu Group usaha yang di dalmnya ada beberapa bisnis, salah satunya penjualan
terinspirasi dari sebuah hadist.

.......... Demi Allah, apabila Allah menunjuki seorang saja melalui dakwahmu itu lebih baik bagimu daripada kamu memiliki onta-onta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Syarh Muslim [8/31])

Ontamerah = kendaraan eksekutif di masa rasulullah

3. kalau kita belum ada dana buat rekrut karyawan, buat aja PKL anak SMK, tentunya harus punya trust dengan pihak sekolah. Kalo karyawan tentu standar karyawan, mulai dari jam kerja kemudian jobdesk.


kebanyakan kita merekrut SDM kurang hati2, sehingga kebocoran kas salah satunya disini.

untuk ebook Free, minta bayaran do'a ikhlas dari teman2 agar saya bisa segera lanjut S3 di Belanda


Tanya Jawab Sesi 3.

1. (Lanjutan sesi 1)
Tentang manajemen waktunya kalo skrg gimana ya? Ada jam buka tutup online shop gitu yang harus kita patuhi sbg penjual?

2. Alvi_tangerang_mahasiswi
Membuat timeline yg baik seperti apa? Supaya fokus bisnis gimana caranya? Soalnya pernah jadi reseller tapi kadang semangat kadang gak

3. Arief Ay_ Tangerang.
Untuk pemula dan perdana ingin bisnis online, apakah sesuai pasion atau kah kita riset dulu apa yg lagi trend?

Jawaban :
1. Kalau kuliah dan bisnis saat bersamaan, keduanya jadi bagus dalam bersamaan
sungguh sulit tapi juga bukan hal mustahil. Saat seperti di awal, jam main kita kurangi, bukan sosialisasi dengan teman kita batasi lho ya.

pertanyaan itu akan bisa terjawab dengan sendirinya oleh kita, Mau fokus Kuliah atau Bisnis?
Dulu saya semester awal fokus banget kuliah, artinya waktu untuk kuliah lebih banyak akhirnya omset turun, masih one man show.

Akhirnya saya bicara sendiri dalam hati, tujuanmu bisnis itu (cari pengalaman atau memang untuk penghidupan)
, oke fiks penghidupan, maka waktu istirahat saya kurangi.


Di sela2 pergantian jam kuliah buatlah untuk membalas konsumen, memang resiko klo kuliah full seperti itu, minimalkan resiko ya rekrut karyawan.

Jam buka tutup onlineshop itu tergantung penjual, mau bukanya sehari 2 jam g masalah tinggal kita pantengin jam2 pas jualan, jam2 orang2 pada sibuk dengan gadget dll.

2. Timeline yang baik adalah sesuai dengan aktifitas kita, buatlah target sesuai kapasitas kita dan itu kita yakini

Supaya fokus bisnis: tempel yang besar " dengan bisnis saya pengen ke Jepang, blalalalla" setiap bangun dan akan tidur baca lagi, doa lagi

Carilah produk yang benar2 kita tahu betul, harga kompetitif dan margin yang masuk akal, jadi reseller g akan rugi, kalau g dapat materi berupa uang, kita pasti akan banyak ambil hikmah.

3. Perdana, kalau saya dulu mulai dengan apa yg ada di depan mata, menghasilkan dan bisa membuat gairah, passion kan gairah kan, setiap mau jualan jangan tinggalkan riset

Permintaan, pencarian, laba produk dll. Sambil jalan evaluasi, sampai nanti kita akan temukan "rejeki mengalir deras di Bisnis A".
Selagi muda habiskan jatah Gagalmu, gali Potensimu, dan cari terus apa yang menjadi gairah dalam hidupmu.

setiap orang punya kesenangan dan jalan masing2
Ayo bangkit !!!!!!!

Ku tahu bisnis ini jalan perjuangan
Ku tahu ini jalan penuh tantangan
Ku takut saat di jalan nanti ada yang jahat padaku bagaimana?
Saat bisnis nanti, ada yang mencemoohku bagaimana?

Duhai hati, ingat Sang Pencipta itu sudah mengatur semuanya
Kita tak tahu kita akan berakhir seperti apa?
Lantas apakah dengan diam selesai semuanya?
Dengan mengeluh semuanya berubah

Tidak saudaraku, di tanganmu ada sejarahmu
Dekatlah Sang Pencipta, cintailah keluarga, sayangi sesama
Berbagilah apa yang ada dalam diri kita
Jangan malu bergerak,
Jangan menunggu, coba terus, coba terus
Hingga rasa malu itu malu kepada kita



Pesan ending
Semoga kita sukses dan mulia bersama, dunia dan akhirat
jangan lupa klo di bandara, terminal atau kolong jembatan
sapa saya ya.

Pemateri :

M. Zulianto
Lahir di Pasuruan Jatim
Tinggal Jember dan Situbondo

Pendiidkan formal:
S1 Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang
S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Aktivitas:
Dosen Universitas Jember
Pembantu Ontamerah Group
Motto “Pasti Bisa dengan Do’a dan Usaha”

Selesai !!!!!

Silahkan untuk ebook mas zulianto bisa donwload di bawah ini :


Ngobis PKT : Bisa Kuliah Cuma Modal Jualan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arief Ay

0 komentar:

Post a Comment